FAQ

Pertanyaan-Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

P. Apa itu DukungCalonmu.com??

DukungCalonmu.com adalah platform penggalangan dana kampanye dan donasi publik secara online untuk mendukung calon eksekutif dan legislatif se-Indonesia.

P. Bagaimana proses penyaluran donasi kepada calon melalui DukungCalonmu.com?

Calon berhak mencairkan total donasi yang didapatkan melalui DukungCalonmu.com.

Calon mengajukan total kebutuhan dana beserta pengalokasiannya -> verifikasi oleh tim DukungCalonmu.com -> Donasi ditransfer DukungCalonmu.com ke rekening partai politik tingkatan -> Partai politik menyalurkan ke calon -> calon wajib mengupdate laporan penggunaan dana kampanye dalam waktu 14 hari setelah dana ditransfer oleh DukungCalonmu.com.

P. Bagaimana menjadi donatur?

Donasi online melalui website DukungCalonmu.com dapat dilakukan dengan cara:

Klik Donasi -> Pilih calon yang kamu dukung -> Klik Dukung -> Pilih jenis donasi (donasi perseorangan/ donasi kelompok/ donasi badan usaha non pemerintah) -> Masukkan informasi yang diminta (identitas diri), klik submit -> Isi keterangan donasi (nama penyumbang, jumlah sumbangan, asal perolehan dana, tandatangan), klik submit -> Pilih lakukan pembayaran -> Pilih metode pembayaran yang diinginkan yaitu transfer (Virtual Account) atau credit card kemudian ikuti petunjuk pada halaman tersebut.

P. Apakah DukungCalonmu.com legal dan mengikuti aturan?

DukungCalonmu.com telah memiliki Badan Hukum dan seluruh proses penggalangan dan donasi dana kampanye melalui DukungCalonmu.com telah mengikuti aturan yang ditetapkan oleh KPU. DukungCalonmu.com mengikuti Peraturan KPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Dana Kampanye Pemilihan Umum.

P. Apakah ada biaya yang dikenakan jika menggalang dan berdonasi melalui DukungCalonmu.com?

Calon tidak dikenakan biaya dalam menggalangan dana kampanye menggunakan DukungCalonmu.com.

Setiap donasi yang diberikan oleh donatur, DukungCalonmu.com mengenakan 5% biaya administrasi yang digunakan untuk pengembangan platform dan biaya operasional.

P. Bagaimana calon mendapatkan donasi melalui DukungCalonmu.com?

Calon diwajibkan membuat akun (sign up) terlebih dahulu. Setelah itu calon mengisi identitas diri, mengunggah scan KTP, melengkapi profil dan mengisi laman dukungan. Setelah seluruh persyaratan dilengkapi, akun calon akan diverifikasi oleh tim DukungCalonmu.com.

Setelah akun calon diverifikasi, calon dapat mengumpulkan donasi melalui DukungCalonmu.com.

P. Apa kelebihan menggalang dana kampanye dan berdonasi melalui DukungCalonmu.com?

Dengan menggunakan DukungCalonmu.com, calon diberikan kemudahan untuk berkampanye dan menggalang aspirasi dengan cara menyebarkan link lama dukungan.

Calon eksekutif dan legislatif dapat melakukan penggalangan dana kampanye dari siapapun, kapanpun, dan dimanapun dengan mudah melalui platform online DukungCalonmu.com.

Sumber Donasi yang diberikan oleh publik kepada calon eksekutif dan legislatif dapat dilihat secara transparan. DukungCalonmu.com juga mendorong agar Calon mempublikasikan foto atau bukti lainnya dalam penggunaan dana donasi yang diperoleh.

Seluruh proses layanan DukungCalonmu.com melakukan efisiensi terhadap tahapan panjang administratif melalui sistem digital namun tetap menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

P.Apakah verifikasi dilakukan terhadap calon yang akan menggalang dana kampanye melalui DukungCalonmu.com?

Seluruh calon yang ingin menggalang dana kampanye melalui DukungCalonmu.com, akan diverifikasi oleh tim DukungCalonmu.com untuk menghindari penyalahgunaan akun. Calon yang telah diverifikasi akan diberi centang biru di foto profilnya.

P. Apakah donatur dapat menyembunyikan identitas dalam memberikan donasi?

Di laman dukungan DukungCalonmu.com, donatur diberikan pilihan berdonasi dengan pencantuman identitas atau dengan anonim.

Pada saat pelaporan dana kampanye dari DukungCalonmu.com kepada calon dan KPU, identitas pemberi donasi beserta jumlah donasi akan dibuka sesuai dengan aturan KPU.

P. Apakah ada batas nominal donasi yang diberikan?

Dana kampanye yang bisa disumbangkan dari setiap pihak telah diatur besarannya dalam Pasal 327 ayat (1) dan (2) Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Undang-Undang tersebut membatasi sumbangan dana kampanye perseorangan maksimal Rp 2,5 miliar, sedangkan sumbangan dana kampanye yang berasal dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah tidak boleh melebihi Rp 25 miliar.

P. Apakah donatur dapat memberikan donasi lebih dari satu kali?

Donatur dapat memberikan donasi lebih dari satu kali selama total donasi yang diberikan tidak boleh melebihi Rp 2,5 miliar bagi perseorangan dan tidak boleh melebihi Rp 25 miliar bagi kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah.