Syarat dan Ketentuan

Selamat Datang di DukungCalonmu.com! DukungCalonmu.com (“Situs”) adalah website yang dikelola secara professional oleh PT Dukung Calonmu Indonesia ("DukungCalonmu" atau “Kami”).

DukungCalonmu merupakan platform penggalangan dana kampanye dan donasi publik secara online untuk mendukung calon eksekutif dan legislatif di Indonesia. Kami menghadirkan kemudahan bagi calon eksekutif dan legislatif dalam menggalang dana kampanye, mensosialisasikan pribadi calon, berinteraksi dan menggalang aspirasi dari publik sekaligus menyediakan kemudahan bagi masyaraka t luas untuk mengenal calon yang akan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu).

Pengunjung maupun pengguna ("Anda") harus membaca dan memeriksa setiap Kebijakan Privasi serta Syarat dan Ketentuan di bawah ini karena akan berdampak pada hak dan kewajiban Anda sebagai pengunjung maupun pengguna Situs. Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan situs DukungCalonmu, Anda setuju untuk dan secara demi hukum menerima, tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan ini.

Kami berhak atas kebijakan untuk mengubah, memodifikasi atau memperbarui sebagian atau keseluruhan dari isi Syarat dan Ketentuan ini setiap saat, artinya aturan yang berlaku pada halaman ini dapat berubah sewaktu-waktu secara sepihak oleh Kami. Apabila hal tersebut terjadi maka Kami akan mencoba memberikan pemberitahuan kepada Anda melalui email, sosial media kami, maupun melalui Situs secara langsung.

Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi syarat dan ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan di Situs kami.

Kami bertanggung jawab atas penggunaan dan perlindungan data pribadi Anda, yang akan kami gunakan untuk mempersonalisasikan pengalaman Anda dengan Kami dan komunikasi Kami dengan Anda, dan membantu Kami untuk terus mengembangkan pengalaman Anda di Situs Kami.

Pertanyaan lain seputar DukungCalonmu dapat dibaca pada halaman https://dukungcalonmu.com/faq/ atau Anda dapat secara langsung menghubungi kami pada dukungcalonmu@gmail.com

Ketentuan Umum

  1. Hal Umum
    1. DukungCalonmu.com adalah sebuah perseroan terbatas bernama PT Dukung Calonmu Indonesia yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
    2. Situs www.dukungcalonmu.com merupakan satu – satunya situs resmi yang digunakan PT. Dukung Calonmu Indonesia dalam memberikan layanannya sebagai Intermediary Platform yang menghubungkan transaksi antara Calon dan Donatur.
  2. Definisi
    1. Akun adalah suatu pengaturan (arrangement) antara Penyedia Platform dengan Pengguna berdasarkan mana Pengguna diberikan akses oleh Penyedia Platform terhadap fitur-fitur Platform setelah melakukan pendaftaran data pribadi, nama pengguna (username) dan kata sandi (password).
    2. BANI adalah singkatan dari Badan Arbitrase Nasional Indonesia, suatu lembaga arbitrase yang berbentuk perkumpulan berbadan hukum melaui akta No.09 tanggal 24 September 2018, yang dibuat di hadapan Ny. Getri Permata Sari, S.H., M.Kn, Notaris di Karawang, yang telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan surat keputusan No.AHU-00132.AH.02.01.Tahun 2016, tanggal 17 Oktober 2016, berikut perubahannya.
    3. Calon adalah calon legislatif atau eksekutif yang terdaftar dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Umum Tahun 2019 berdasarkan Keputusan KPU RI.
    4. Calon Terverifikasi adalah Pengguna layanan DukungCalonmu.com sebagai Calon yang telah diverifikasi kebenaran datanya oleh tim admin DukungCalonmu.com menyesuaikan dengan Daftar Calon Tetap Pemilihan Umum Tahun 2019 berdasarkan Keputusan KPU RI.
    5. Penerima Donasi adalah Calon yang terdaftar dalam Platform dan sudah terverifikasi yang menggunakan fasilitas Penggalangan Dana.
    6. Dana atau Donasi adalah sumbangan yang dinyatakan dalam mata uang Rupiah.
    7. Dompet adalah dompet elektronik (electronic wallet) pada Platform yang disediakan oleh Penyedia Platform sebagai layanan keuangan elektronik dalam jaringan untuk melakukan penampungan dan/atau penyaluran Dana.
    8. Donatur adalah individu, kelompok, badan usaha maupun badan hukum yang melakukan pendaftaran ke Platform untuk mendukung Kampanye dengan menyalurkan Dana.
    9. Identitas Penyumbang Dana Kampanye adalah beberapa Informasi Pribadi/Kelompok/Badan Usaha Non Pemerintah sesuai dengan template yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum yang wajib diberikan oleh Donatur ketika melakukan donasi pada Platform DukungCalonmu.com.
    10. Juru Kampanye adalah orang perseorangan, organisasi dan/atau badan hukum yang menyatakan dukungan terhadap suatu kampanye yang dibuat oleh Calon dalam bentuk pembuatan halaman Kampanye baru yang terhubung dengan Kampanye utama. Dana yang masuk dari halaman Juru Kampanye akan masuk di halaman Kampanye utama.
    11. Konten adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang dibuat dan/atau diunggah ke dalam Platform secara mandiri oleh Pengguna (user generated content) dan bukan oleh Penyedia Platform.
    12. Kampanye adalah suatu usaha Penggalangan Dana untuk maksud dan tujuan tertentu yang digunakan untuk membiayai individu Calon, pasangan Calon, ataupun tim pendukung individu Calon atau pasangan Calon pada sebuah kontestasi pemilihan untuk rangkaian proses pencalonan termasuk namun tidak terbatas pada sosialisasi, kampanye, dan lain lain selama tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    13. Konten Yang Dilarang adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan.
    14. Laporan Pelanggaran adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh Pengunjung dan/atau Pengguna kepada Penyedia Platform tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pelanggaran Syarat dan Ketentuan.
    15. Pencairan Dana adalah tindakan Penyedia Platform mengalihkan (transfer) Dana yang terkumpul dalam
      1. Dompet atas nama Donatur, kepada Dompet atas nama Calon atau
      2. Dompet atas nama Calon, ke Rekening Pencairan Dana (Rekening Khusus Dana Kampanye) yang telah didaftarkan Calon pada saat pendaftaran yang dilakukan atas permohonan (request) Calon.
    16. Penggalangan Dana adalah proses pengumpulan Dana Donasi dari Donatur oleh Calon yang akan digunakan dalam membiayai individu Calon, pasangan Calon, ataupun tim pendukung individu Calon atau pasangan Calon pada sebuah kontestasi pemilihan untuk rangkaian proses pencalonan termasuk namun tidak terbatas pada sosialisasi, kampanye, dan lain lain selama tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    17. Pengguna adalah perseorangan, kelompok, perusahaan dan/atau badan usaha nonpemerintah yang merupakan Calon atau Donatur menggunakan Platform dan memiliki akun pada Platform.
    18. Pengunjung adalah pihak yang mengakses, membuka dan memperoleh informasi dari Platform.
    19. Platform adalah wadah berupa aplikasi, website internet dan/ atau layanan lainnya berbasis internet yang digunakan untuk transaksi dan/ atau fasilitasi Penggalangan Dana melalui sistem elektronik yang dikelola dan disediakan oleh DukungCalonmu dan/atau PT Dukung Calonmu Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada Situs.
    20. Pengaduan adalah Laporan yang disertai permintaan kepada Penyedia Platfom untuk memeriksa Pengguna yang telah atau sedang atau diduga melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan.
    21. Penyedia Platform adalah PT Dukung Calonmu Indonesia yang menyelenggarakan program Penggalangan Dana dalam jaringan (online crowdfunding).
    22. Rekening Khusus Dana Kampanye yang selanjutnya disebut RKDK adalah rekening bank dalam negeri yang digunakan menampung dana kampanye dan telah terdaftar pada Komisi Pemilihan Umum (“KPU”), yang dipisahkan dari rekening keuangan Partai Politik atau rekening keuangan pribadi Calon.
    23. Rekening Pencairan Dana Kampanye adalah RKDK digunakan sebagai rekening tujuan dalam pencairan dana dan telah terdaftar pada Komisi Pemilihan Umum ("KPU") sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.
    24. Surat Persetujuan Pencairan Dana Kampanye adalah Surat Persetujuan Pencairan Dana Kampanye yang telah dipersiapkan oleh Penyedia Platform dan akan dilengkapi, ditandatangani serta diupload oleh Calon dalam proses verifikasi akun sebelum melakukan proses Pencairan Dana.
    25. Surat Pernyataan Penyumbang adalah Surat yang berisikan Identitas Penyumbang Dana Kampanye yang diisi dan ditandatangani oleh Donatur secara digital pada Platform setelah melakukan Donasi.
    26. Sengketa adalah perselisihan atau perbedaan yang timbul antara para pihak dari, atau terkait dengan Syarat dan Ketentuan ini (termasuk sengketa mengenai keabsahan atau keberadaan Ketentuan ini) atau karena pelanggaran Syarat dan Ketentuan tersebut termasuk setiap tindakan melawan atau menyalahi hukum.
  3. Biaya Operasional dan Administrasi
    1. Dana yang diperoleh dari donatur untuk Penerima Donasi akan dikenakan biaya operasional dan administrasi oleh Penyedia Platform sebesar 5% (lima persen).
    2. Pengenaan biaya operasional dan administrasi pada ayat (1) akan secara langsung dilakukan dari setiap donasi yang diberikan Donatur kepada Calon.
    3. Biaya Operasional dan Administrasi akan digunakan untuk operasional dan administrasi PT Dukung Calonmu Indonesia serta untuk pengembangan layanan DukungCalonmu.com
    4. Dalam hal adanya pajak, retribusi dan/atau pungutan lainnya yang dikenakan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap Dana yang diperoleh dari hasil Penggalangan Dana, maka Penyedia Platform akan menetapkan biaya tambahan sesuai dengan besaran sebagaimana ditentukan peraturan perundang-undangan.
    5. Pengguna dengan ini mengetahui bahwa dimungkinkan adanya bunga yang timbul dan diperoleh dari masa tunggu pencairan dana dari Penyedia Platform kepada Calon.
    6. Pengguna dengan ini sepakat dan menyetujui bahwa perolehan bunga yang tercantum pada ayat (5) di atas merupakan hak Penyedia Platform yang dapat dipergunakan untuk operasional dan administrasi Platform.
  4. Posisi DukungCalonmu.com
    1. DukungCalonmu.com bukanlah Broker/Partai Politik/Tim Sukses Calon Tertentu/Lembaga Penyalur Amal/Lembaga Keuangan/Kreditor.
    2. DukungCalonmu.com merupakan platform untuk memfasilitas transaksi donasi dan penggalangan dana kampanye antara Calon dan Donatur. Donasi yang masuk dari Donatur bukan merupakan Donasi ke PT. Dukung Calonmu Indonesia, tapi merupakan Donasi langsung ke Calon yang disalurkan menggunakan Platform DukungCalonmu.com. Donasi yang masuk ke Calon juga bukan merupakan Donasi dari PT. Dukung Calonmu Indonesia, melainkan Donasi dari setiap Donatur yang telah memberikan kuasa kepada PT. Dukung Calonmu Indonesia untuk menyalurkan ke Calon sesuai dengan Syarat & Ketentuan serta alur DukungCalonmu.com
    3. DukungCalonmu.com tidak memiliki afiliasi/kedekatan/keberpihakan terhadap Partai Politik atau Calon Eksekutif atau Calon Legislatif tertentu. Layanan yang ada pada DukungCalonmu.com dapat digunakan oleh seluruh Calon Eksekutif dan Calon Legislatif yang telah terdaftar di Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Umum 2019 sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum.
    4. DukungCalonmu.com tidak bertanggung jawab atas pelaksanaan, atau informasi yang disediakan oleh Calon, Donatur atau pengguna lainnya. DukungCalonmu.com dengan ini melepaskan semua tanggung jawab dalam hal tersebut selama diizinkan oleh hukum yang berlaku di Indonesia.
    5. Semua informasi di dalam konten Kampanye yang ada di DukungCalonmu.com merupakan bagian dari pemberitahuan, Kami tidak menjamin keakuratan, kelengkapan, ketepatan, pelaksanaan janji atau kebenaran dari konten yang dibuat oleh Calon.
    6. DukungCalonmu.com tidak menjamin bahwa setiap Kampanye Calon pada situs kami akan mendapatkan sejumlah donasi tertentu atau akan terpenuhi.
    7. DukungCalonmu secara tersirat maupun tersurat tidak mendukung Kampanye Calon tertentu. Namun apabila DukungCalonmu.com melakukan diskresi untuk memilih beberapa Kampanye Calon yang memiliki popularitas tinggi, cerita yang unik dan menarik untuk ditampilkan di Media Sosial DukungCalonmu.com maka hal ini bukanlah dianggap sebagai keberpihakan namun merupakan usaha DukungCalonmu.com untuk meningkatkan interaksi pada situs yang akan memiliki manfaat positif terhadap pengguna situs DukungCalonmu.com yang lainnya.
    8. Kami dengan tegas menolak kewajiban atau tanggung jawab atas kegagalan setiap Kampanye Calon.
  5. Pengungkapan
    1. Segala pengungkapan (disclosure) oleh Pengunjung atau Pengguna dalam bentuk pertanyaan, pernyataan, komentar, ide, kritik, saran atau informasi pada Platfom, yang bukan merupakan pengungkapan yang disyaratkan atau dimintakan oleh Penyedia Platform, adalah pengungkapan yang dibuat secara sukarela (voluntary disclosure) dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari Pengunjung maupun Pengguna yang bersangkutan.
    2. Pengunjung dan Pengguna dengan ini mengetahui bahwa setiap informasi yang diungkapkan atau/dan ditampilkan pada Platform merupakan informasi yang dapat diakses oleh publik.
  6. Syarat Pengguna dan Ketentuan Minimum Usia Pengguna
    1. Pengguna minimum berusia 18 Tahun, Sudah Pernah Menikah, atau yang telah memiliki persyaratan yang diakui secara hukum termasuk dalam kategori Pengguna yang sudah dewasa / terlepas dari Hukum Perlindungan Anak.
    2. Pengguna maupun Pengunjung wajib menyatakan diri sebagai seseorang yang cakap di mata hukum sehingga dapat bertanggung jawab atas segala tindakan ataupun kelalaian apabila melanggar syarat dan ketentuan ini.
    3. Tidak diperkenankan bagi pengunjung untuk melakukan tindakan yang dapat melanggar ketentuan privasi seperti yang diatur dalam kebijakan privasi pada Platform.
  7. Penggunaan Akun
    1. Pendaftaran Akun pada Situs tidak dipungut biaya/gratis.
    2. Dengan memilih untuk membuat akun sebagai Pengguna dari Platform DukungCalonmu.com, Pengguna akan membuat sebuah nama akun dan password ketika menyelesaikan proses registrasi.
    3. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas nama akun dan password serta bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kegiatan yang diatasnamakan akun Pengguna.
    4. Pengguna Platform sepakat untuk segera memberitahukan kepada Penyedia Platform setiap adanya dugaan penyalahgunaan Akun.
  8. Pemberitahuan

    Pengguna sepakat dan bersedia untuk menerima segala pemberitahuan melalui media elektronik, namun tidak terbatas pada surel ataupun layanan pesan singkat (SMS) dan untuk itu memberikan izin kepada Penyedia Platform untuk menghubungi Pengguna melalui sarana media telekomunikasi tersebut.

  9. Batasan Penyimpanan Data
    1. Dalam menyediakan layanannya, Penyedia Platform berhak meminta data-data berupa nama, usia, alamat, pekerjaan maupun data lainnya yang bersifat pribadi dari Pengguna.
    2. Penyedia Platform berhak untuk mengumpulkan dan menyimpan data-data sebagaimana tersebut di atas serta menyimpannya untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
    3. Penyedia Platform tidak akan menyimpan data pribadi Pengguna untuk suatu jangka waktu yang lebih lama dari yang diperlukan untuk melakukan tujuan-tujuan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan setiap tujuan usaha atau hukum yang sah. Setelah jangka waktu ini, Penyedia Platform akan menghapus dan memusnahkan atau membuat anonim semua dokumen yang memuat data pribadi Pengguna secara aman.
  10. Calon
    1. Calon wajib untuk memberikan Informasi Pribadi Calon Legislatif atau Eksekutif sesuai dengan yang terdaftar dalam dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Umum Tahun 2019 pada Keputusan KPU RI.
    2. Calon bersedia melakukan serangkaian proses verifikasi akun dan kelengkapan lain yang diperlukan.
    3. Calon menjamin bahwa setiap informasi yang diberikan kepada Penyedia Platform merupakan data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
    4. Jika di kemudian hari, ditemukan bahwa informasi yang diberikan oleh Calon tidak benar, maka Calon bersedia bertanggung jawab dan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.
    5. DukungCalonmu.com berhak menolak pendaftaran Calon apabila dalam proses verifikasi menyesuaikan data yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum terdapat hal yang berbeda atau tidak ditemukannya data Pendaftar dalam Daftar Calon Tetap Komisi Pemilihan Umum.
    6. Pihak Pendaftar yang ditolak pendaftarannya oleh tim Admin DukungCalonmu.com berhak mengajukan keberatan atau banding dengan mengirimkan bukti-bukti lainnya ke email dukungcalonmu@gmail.com.
  11. Kewajiban Calon
    1. Calon Wajib Untuk :
      1. Menjamin dan menyatakan bahwa segala informasi yang dimasukkan dan diunggah oleh Calon ke Platform adalah sesuai dengan fakta dan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
      2. Menjamin dan menyatakan bahwa semua konten yang diberikan kepada Penyedia Platform, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan foto dan/atau video adalah sesuai dengan fakta dan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
      3. Menjamin dan menyatakan bahwa semua Konten yang dimasukkan dan diunggah oleh Calon ke Platform, tidak memuat Konten Yang Dilarang.
      4. Mencantumkan kontak narahubung untuk dimuat pada laman profil Calon.
      5. Untuk keperluan verifikasi, menyerahkan KTP, NPWP dan detail informasi mengenai Rekening Pencairan Dana yang telah terdaftar di KPU dan merupakan rekening tujuan dalam hal Pencairan Dana yang sifatnya tidak dapat diubah, kecuali dalam hal darurat. Dalam hal darurat, Calon dapat mengajukan permohonan perubahan data kepada Penyedia Platform dengan mengirim email kepada dukungcalonmu@gmail.com disertai dengan alasan-alasan pendukung.
      6. Memberikan laporan dana, pelaksanaan dan perkembangan Kampanye yang secara transparan, kredibel dan dilengkapi dengan dokumentasi dan bukti pendukung yang layak kepada Donatur melalui fitur "Update" pada Platform untuk diketahui oleh publik dan donatur
      7. Dalam hal Pelaksanaan Kampanye tidak dapat dipenuhi karena suatu keadaan memaksa, Calon segera mengajukan laporan kepada Penyedia Platform dengan mengirim email ke dukungcalonmu@gmail.com untuk ditindaklanjuti.
      8. Bertanggung jawab atas apa yang telah ditulis dan dijanjikan pada laman profil Calon.
      9. Menyetujui, sepakat dan bersedia untuk membebaskan Penyedia Platform dari setiap gugatan maupun tuntutan hukum, dan untuk mengganti segala kerugian yang mungkin dialami oleh Penyedia Platform dikemudian hari atas, namun tidak terbatas pada, hal-hal berikut:
        1. Pelaksanaan Kampanye yang tidak dipenuhi, dipenuhi sebagian atau yang dipenuhi tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh Calon melalui Platform
        2. Penggelapan dan/atau penyalahgunaan Dana oleh Calon
        3. Segala perbuatan melanggar hukum lainnya yang terjadi baik pada saat, selama maupun setelah masa Penggalangan dana dan/atau Pelaksanaan Kampanye.
    2. Dalam hal Calon menerima donasi yang tidak melalui Dompet pada Platform, maka Calon sepenuhnya bertanggung jawab atas hubungan hukum yang timbul antara Calon dan donatur yang bersangkutan.
    3. Dengan ini, Calon setuju dan sepakat untuk menunjuk dan memberi kuasa kepada Penyedia Platform untuk bertindak untuk dan atas nama Calon untuk melakukan, antara lain, hal-hal berikut:
      1. Menjadi perantara eksklusif antara Calon dengan Donatur dan/atau penyebar informasi dari Kampanye yang dilakukan Calon
      2. Menyimpan dan menyalurkan Dana dari Donatur yang telah masuk ke Dompet atas nama Calon ke Rekening Pencairan Dana (Rekening Khusus Dana Kampanye) pada saat Calon melakukan pengajuan Pencairan Dana dan telah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan untuk melakukan Pencairan Dana.
      3. Segala hal yang diperlukan untuk pelaksanaan kuasa di atas, termasuk, namun tidak terbatas pada, menandatangani setiap dokumen yang diperlukan, melakukan surat-menyurat dengan dan menghadap kepada instansi yang berwenang, notaris dan/atau pejabat publik lainnya.
  12. Verifikasi Calon
    1. Verifikasi Calon akan dilakukan dalam tahap proses pendaftaran akun Calon.
    2. Dalam proses verifikasi pada tahap pendaftaran akun Calon, Calon wajib menyerahkan scan kartu identitas (KTP), NPWP dan informasi pribadi lainnya termasuk informasi pencalonan seperti Partai Politik, Daerah Pemilihan, Nomor Urut, dll.
    3. Calon wajib memberikan seluruh informasi yang dimintakan sesuai dengan yang sebenar-benarnya.
    4. Informasi pribadi yang diberikan oleh Calon ketika mendaftar akun Calon wajib merupakan informasi tentang dirinya sendiri bukan orang lain.
    5. Proses verifikasi pada tahap pendaftaran akun Calon akan dilakukan dalam kurun waktu maksimal 3 (tiga) hari kerja sejak Calon mendaftar akun.
    6. Calon yang telah terverifikasi akan diberikan status Calon Terverifikasi.
    7. Calon yang tidak terverifikasi bisa dikarenakan lalai dan/atau dengan sengaja memberikan informasi pribadi yang salah, akan diberikan notifikasi oleh tim admin DukungCalonmu.com perihal kesalahan informasi atau kekurangan informasi yang perlu dilengkapi.
    8. Akun Calon yang belum terverifikasi tidak dapat melanjutkan penggunaan layanan DukungCalonmu.com.
    9. Hanya akun Calon terverifikasi yang dapat melakukan Pencairan Dana.
  13. Verifikasi Rekening Pencairan Dana
    1. Calon akan mendaftarkan satu (1) buah Nomor Rekening Bank yang akan menjadi Rekening Pencairan Dana Donasi yang telah terhimpun pada dompet Calon di situs DukungCalonmu.com.
    2. Rekening Pencairan Dana merupakan Rekening Khusus Dana Kampanye yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum sebagai rekening yang diperbolehkan berdasarkan Peraturan KPU untuk menerima dana sumbangan kampanye sesuai dengan tingkatan masing-masing pencalonan.
    3. Calon wajib mendaftarkan Rekening Pencairan Dana sebelum melakukan proses Pengajuan Pencairan Dana.
    4. Calon wajib mendaftarkan Rekening Pencairan Dana paling lama 7x24 jam setelah akun Calon Terverifikasi oleh tim DukungCalonmu.com.
    5. Tim DukungCalonmu.com akan melakukan verifikasi Rekening Pencairan Dana paling cepat 3x24 jam sejak Nomor Rekening didaftarkan oleh Calon.
    6. Proses pengajuan Pencairan Dana hanya dapat dilakukan apabila status Rekening Pencairan Dana telah terverifikasi.
    7. Proses verifikasi Rekening Pencairan Dana hanya perlu dilakukan 1 (satu) kali.
    8. Proses Pencairan Dana dapat dilakukan berulang kali sesuai dengan keinginan Calon.
  14. Mekanisme Pencairan Dana
    1. Setelah Akun Calon terverifikasi dan Rekening Pencairan Dana terverifikasi, kemudian Calon dapat mengajukan Pencairan Dana.
    2. Pencairan Dana dapat dilakukan oleh Calon dengan mengajukan permintaan pada menu “Pencairan Dana”
    3. Khusus Calon Presiden/Calon Wakil Presiden, Calon DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPRD Kabupaten Kota dalam hal melakukan Pencairan Dana, Calon diwajibkan untuk mengunduh dan menandatangani “Surat Persetujuan Pencairan Dana Kampanye” yang formatnya ada pada menu "Pencairan Dana". Setelah ditandatangani, Calon diwajibkan untuk mengunggah kembali pada Surat Persetujuan Pencairan Dana Kampanye pada menu "Pencairan Dana"
    4. Khusus Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dalam hal melakukan Pencairan Dana tidak perlu mengunduh, menandatangani, dan mengunggah “Surat Persetujuan Pencairan Dana Kampanye”.
    5. Jumlah Dana Maksimal yang dapat diajukan pada Pencairan Dana adalah jumlah dana maksimal yang terhimpun dalam Dompet Calon pada platform DukungCalonmu.com
    6. Dana akan dikirimkan ke Rekening Pencairan Dana yang telah terverifikasi paling cepat 3x24 jam sejak Calon melakukan pengajuan “Pencairan Dana” dan mengunggah “Surat Persetujuan Pencairan Dana Kampanye” yang telah ditandantangani.
    7. Setiap Calon mengajukan “Pencairan Dana” maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000,- /Pencairan Dana(dua puluh ribu rupiah per pencairan dana) sebagai biaya administrasi pengiriman donasi.
    8. Dana Donasi yang diterima Calon tidak dapat dialihkan kepada pihak lain atau calon lain.
  15. Donasi dan Mekanisme Pencairan Dana
    1. Donasi yang disalurkan oleh Donatur melalui transaksi Debit paling lama akan tersalurkan ke Dompet Calon dalam waktu 3x24 jam.
    2. Donasi yang disalurkan oleh Donatur melalui transaksi Credit Card paling lama akan tersalurkan ke Dompet Calon dalam waktu 7x24 jam.
    3. Donasi yang diterima dapat dicairkan setelah Dana Donasi telah tersalurkan ke dalam Dompet Calon pada situs DukungCalonmu.com. Dalam hal Donasi dilakukan melalui transaksi Debit maka paling lama Donasi akan tersalurkan 3x24 jam sejak Donatur melakukan Donasi. Dalam hal Donasi dilakukan melalui transaksi Credit Card maka paling lama Donasi akan tersalurkan 7x24 jam sejak Donatur melakukan Donasi.
    4. Apabila Pengguna Layanan menemukan adanya keterlambatan proses konfirmasi Donasi maka dapat memberikan laporan ke email dukungcalonmu@gmail.com.
    5. Setiap Dana yang masuk ke Dompet merupakan donasi yang telah dipotong biaya administrasi.
    6. Sehubungan dengan donasi yang disalurkan melalui Credit Card, nominal donasi akan terpotong oleh biaya administrasi dan biaya potongan dari Credit Card secara otomatis
    7. Donasi yang terdapat pada Dompet milik Calon dapat dicairkan dengan klik “Pencairan Dana” pada menu yang terdapat di dashboard.
    8. Setiap proses pencairan Dana akan dikenakan biaya administrasi dari mitra pencairan (disbursement) Platform.
    9. Bahwa apabila terdapat pajak dan/atau retribusi dan/atau pungutan lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku terhadap donasi yang diberikan, maka Penyedia Platform dapat menetapkan biaya tambahan pada setiap Penggalangan Dana sesuai dengan besaran yang berlaku.
    10. Dana Donasi yang diterima Calon tidak dapat dialihkan kepada pihak lain.
  16. Kewajiban Donatur
    1. Donatur wajib untuk :
      1. Bertanggung jawab penuh atas donasi yang diberikan, termasuk namun tidak terbatas dalam mencermati segala informasi mengenai profil Calon yang dimuat di dalam Platform sebelum memberikan dukungan dan/atau menyadari konsekuensi bahwa Calon berkemungkinan tidak dapat melaksanakan secara sebagian atau sepenuhnya janji atas Kampanye.
      2. Tidak memberikan informasi tambahan yang palsu dan/atau menyesatkan atas segala halaman, tautan, dan berbagai bentuk media lainnya sehubungan dengan profil maupun kampanye Calon
      3. Bersedia dihubungi oleh pihak Penyedia Platform untuk keperluan tertentu.
      4. Sepakat untuk tidak mempermasalahkan dan/atau menuntut secara hukum pihak Penyedia Platform atas penyalahgunaan donasi yang dilakukan Calon.
      5. Memberitahukan Penyedia Platform, jika Donatur meyakini adanya konten penipuan, penyalahgunaan data atau kecurigaan lainnya pada Platform.
    2. Donatur menyadari dan sepakat bahwa Penyedia Platform hanya dapat bertanggung jawab sebatas penyaluran donasi kepada Calon melalui Rekening Khusus Dana Kampanye yang didaftarkan Calon pada Rekening Pencairan Dana.
    3. 16.3 Donatur setuju dan sepakat untuk menunjuk dan memberi kuasa kepada Penyedia Platform untuk bertindak untuk dan atas nama Donatur untuk melakukan, antara lain, hal-hal berikut:
      1. Menjadi perantara eksklusif antara Donatur dan Calon untuk menyalurkan donasi pemberian Donatur kepada Calon melalui Rekening Pencairan Dana
      2. Menyimpan dan mengelola Dana dari Donatur yang telah masuk Dompet atas nama Calon
    4. 16.4 Dalam memberikan donasinya, Donatur sepakat untuk tidak memberikan dana yang berasal dari:
      1. Pihak asing (Negara Asing, Lembaga Non Pemerintah Asing, Lembaga Swadaya Masyarakat Asing, dan Warga Negara Asing)
      2. Hasil tindak pidana yang telah terbukti berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan/atau bertujuan menyembunyikan atau menyamarkan hasil tindak pidana
      3. Hasil pencucian uang (money laundry) yang berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum
      4. Pemerintah dan pemerintah daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, pemerintah desa, dan badan usaha milik desa atau sebutan lainnya
    5. Dalam memberikan donasinya kepada Calon Presiden/Calon Wakil Presiden, Calon DPR RI, Calon DPRD Provinsi/Kota/Kabupaten, Donatur tidak boleh melewati batasan maksimum sumbangan yang bersifat akumulatif sebagai berikut:
      1. Jika Donatur adalah perseorangan maka batasan maksimum sumbangan adalah Rp. 2.500.000.000,-
      2. Jika Donatur adalah kelompok maka batasan maksimum sumbangan adalah Rp. 25.000.000.000,-
      3. Jika Donatur adalah Badan Usaha Non Pemerintah maka batasan maksimum sumbangan adalah Rp. 25.000.000.000,-
    6. Dalam memberikan donasinya kepada Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Donatur tidak boleh melewati batasan maksimum Sumbangan/Donasi yang bersifat akumulatif (Batasan jumlah donasi setiap Donatur akumulasi ke seluruh Calon Eksekutif dan Calon Legislatif) sebagai berikut:
      1. Jika Donatur adalah perseorangan maka batasan maksimum sumbangan adalah Rp. 750.000.000,-
      2. Jika Donatur adalah kelompok maka batasan maksimum sumbangan adalah Rp. 1.500.000.000,-
      3. Jika Donatur adalah Badan Usaha Non Pemerintah maka batasan maksimum sumbangan adalah Rp. 1.500.000.000,-
    7. Donatur wajib memberikan informasi yang sebenar-benarnya tentang Identitas Penyumbang Dana Kampanye.
    8. Donatur dengan ini setuju untuk mengisi Identitas Penyumbang Dana Kampanye serta memberikan tanda tangan secara digital pada Platform setelah melakukan Donasi.
    9. Identitas Penyumbang Dana Kampanye serta tanda tangan digital yang telah diberikan oleh donatur selanjutnya akan menjadi Surat Pernyataan Penyumbang yang akan diberikan kepada Calon, Pengurus Partai Politik terkait, Komisi Pemilihan Umum dan/atau pihak lainnya yang berdasarkan peraturan perundang-undangan diberikan hak atau kewajiban untuk memperoleh informasi tersebut.
    10. Dengan ini Donatur menyatakan setuju untuk memberikan kewenangan kepada DukungCalonmu.com untuk membagikan Surat Pernyataan Penyumbang kepada pihak yang berdasarkan peraturan perundang-undangan memiliki hak dan/atau kewajiban untuk memperoleh informasi tersebut.
    11. DukungCalonmu.com akan melakukan langkah-langkah sesuai dengan Kebijakan Privasi kami untuk menjaga informasi pribadi serta tanda tangan digital yang ada pada Indentitas Penyumbang Dana Kampanye dan Surat Pernyataan Penyumbang.
    12. DukungCalonmu.com tidak akan membagikan Informasi Pribadi tentang Identitas Penyumbang Dana Kampanye dan Surat Pernyataan Penyumbang kepada pihak manapun selain karena peraturan perundang-undangan pihak tersebut memiliki hak dan/atau kewajiban untuk memperoleh informasi tersebut.
    13. Jika di kemudian hari, Donatur terbukti melakukan pelanggaran ketentuan pada ayat (1), maka Donatur sepakat untuk sepenuhnya melepaskan tanggung jawab Penyedia Platform dan Penerima Donasi atas pelanggaran tersebut.
    14. Donatur akan sepenuhnya bertanggung jawab atas pelanggaran ketentuan pada pasal 14.
  17. Kewenangan Penyedia Platform
    1. Penyedia Platform memiliki kewenangan penuh untuk menolak dan/atau menunda melakukan Verifikasi terhadap Akun dan/atau Pencairan Dana apabila:
      1. Calon belum menyampaikan data-data yang lengkap sehubungan dengan pendaftaran Akun dan/atau Pencairan Dana kepada Penyedia Platform; atau
      2. Berdasarkan diskresi dari Penyedia Platform dan dengan alasan beserta bukti yang cukup bahwa Calon melanggar Syarat dan Ketentuan.
      3. Diperlukan dalam rangka untuk memenuhi perintah pengadilan, surat perintah, keputusan pemerintah atau ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
    2. Penyedia Platform berwenang untuk menutup laman Penggalangan Dana dan profil Calon apabila Calon ditemukan telah terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan.
    3. Dalam hal Penyedia Platform menutup laman Penggalangan Dana dan profil Calon, Dana yang telah masuk ke dalam Dompet akan diberlakukan proses Refund.
    4. Penyedia Platform berhak untuk menahan pencairan dana Calon jika Calon tidak/belum melakukan update pada halaman profil Calon setelah melakukan pencairan dana pertama.
    5. Penyedia Platform berhak untuk mengalihkan pencairan donasi Calon secara sepihak, jika Calon:
      1. Terbukti melakukan penipuan disertai bukti bukti yang dapatkan melalui investigasi maupun laporan dari publik
      2. Calon meninggal dunia
  18. Refund (Pengembalian Dana Donasi)
    1. DukungCalonmu.com dapat melakukan pengembalian Dana Donasi Donatur apabila:
      1. Kampanye diberhentikan oleh DukungCalonmu.com baik dengan atau tanpa persetujuan Calon sesuai dengan syarat dan ketentuan DukungCalonmu.com ataupun dikarenakan permintaan pihak yang diberikan oleh kewenangan oleh Peraturan Perundang – Undangan yang belaku untuk melakukan pemberhentian tersebut.
      2. Permintaan Calon untuk mengembalikan Dana Donasi kepada Donatur yang melakukan donasi kepada Calon melalui situs DukungCalonmu.com
    2. Ketentuan Refund (Pengembalian Dana Donasi) berlaku hanya apabila permintaan dan kondisi yang disebutkan pada pasal 18.1 syarat ketentuan dilakukan sebelum Dana Donasi disalurkan ke Rekening Pencairan Dana (Rekening Khusus Dana Kampanye) Calon.
    3. Donasi Refund yang dikembalikan Donatur dapat didonasikan kembali di sebuah atau beberapa Kampanye Calon di situs DukungCalonmu.com.
    4. Donasi yang di Refund tidak dapat diuangkan kembali.
    5. Refund tidak dapat dilakukan atas biaya administrasi, biaya bunga, pajak dan biaya lainnya diluar dari Dana Donasi.
  19. Hak Milik Intelektual
    1. PT Dukung Calonmu Indonesia adalah pemilik tunggal atau pemegang sah hak semua Platform dan konten Platform, termasuk namun tidak terbatas pada fitur, kode HTML, skrip, teks, logo, ikon tombol, gambar, video atau perangkat lunak. Seluruh konten yang terdapat di dalam Platform mencakup hak milik intelektual yang dilindungi oleh Undang-Undang Hak Kekayaan Intelektual dan peraturan perundang-undangan yang melindungi kekayaan intelektual lainnya yang berlaku di seluruh dunia.
    2. Semua hak yang tidak dicantumkan dalam Perjanjian ini atau oleh Penyedia Platform dengan ini dilindungi undang-undang diantaranya yaitu Nama DukungCalonmu.com, ikon serta logo terkait merupakan merek atau nama dagang terdaftar di berbagai wilayah hukum dan dilindungi undang-undang tentang hak cipta, merek dagang atau hak milik kekayaan intelektual lainnya. Dilarang keras menggunakan, mengubah atau memasang merek-merek tersebut di atas untuk kepentingan pribadi dan mendiskreditkan Platform DukungCalonmu.com
    3. Platform dapat berisi tautan internet ke situs lainnya yang dimiliki dan dioperasikan oleh pihak ketiga. Harap diperhatikan bahwa Penyedia Platform tidak bertanggung jawab terhadap pengoperasian ataupun konten yang terletak pada situs tersebut.
  20. Pengecualian dan Pembatasan Tanggung Jawab
    1. Penyedia Platform tidak bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada uang Donasi yang telah dicairkan kepada Calon, termasuk namun tidak terbatas pada pencurian, penggelapan atau tindakan apapun yang menyebabkan hilangnya Donasi.
    2. Penyedia Platform tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan, penggunaan tanpa izin, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual yang dilakukan baik Donatur maupun Calon.
    3. Platform dan semua informasi, konten, material dan layanan yang tercakup pada atau secara lain disediakan kepada Pengunjung maupun Pengguna melalui Platform disediakan secara "apa adanya" dan "sebagaimana tersedia", kecuali ditentukan lain secara tertulis. Penyedia Platform tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun, baik secara tersirat maupun tersirat mengenai operasi Platform atau informasi konten, material atau layanan yang tercakup pada atau secara lain disediakan kepada Pengunjun atau Pengguna melalui Platform, kecuali ditentukan lain secara tertulis. Calon, Pengunjung dan/atau Pengguna secara tegas menyetujui bahwa penggunaan Platform dilakukan berdasarkan resiko masing-masing pihak.
    4. Penyedia Platform tidak menjamin bahwa Platform, informasi, konten, material atau layanan yang tercakup pada atau secara lain disediakan kepada Pengunjung maupun Pengguna melalui Platform, servernya atau surel yang dikirim dari Penyedia Platform bebas dari virus atau komponen lain yang berbahaya.
    5. Penyedia Platform tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan garansi apapun atas pelaksanaan janji Kampanye atau informasi yang disediakan oleh Calon, Donatur atau Pengguna Lainnya.
    6. Penyedia Platform tidak bertanggung jawab atas ketidakpuasan Pengunjung atau Pengguna atas penggunaan donasi yang telah dilakukan pada Platform. Penyedia Platform dengan ini melepaskan semua tanggung jawab dalam hal tersebut selama diizinkan oleh hukum yang berlaku di Indonesia.
    7. Hal-hal yang diinformasikan dalam konten untuk Penggalangan Dana yang disediakan oleh Penyedia Platform merupakan bagian dari pemberitahuan, Penyedia Platform tidak menjamin keakuratan, kelengkapan, ketepatan waktu atau kebenaran dari konten yang dibuat oleh Calon. Dengan ini, Pengunjung dan Pengguna mengetahui bahwa informasi dan konten yang ada pada halaman profil Penggalangan Dana dalam Platform merupakan resiko Pengunjung dan Pengguna.
    8. Penyedia Platform tidak menjamin bahwa setiap Penggalangan Dana yang terdapat pada Platform akan mendapatkan sejumlah donasi tertentu atau target tertentu akan terpenuhi.
    9. Penyedia Platform dengan jelas dan tegas menolak kewajiban atau tanggung jawab atas kegagalan setiap Penggalangan Dana atau target donasi yang Calon tetapkan tidak terpenuhi.
    10. Dalam hal Calon memberikan Rekening Pencairan Dana yang bukan merupakan Rekening Khusus Dana Kampanye yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum, PT Dukung Calonmu Indonesia dalam hal ini tidak akan bertanggung jawab atas perbuatan melanggar hukum yang dilakukan oleh Calon tersebut.
    11. Dalam keadaan apapun, Pengguna Platform akan membayar kerugian Penyedia Platform dan/atau menghindarkan Penyedia Platform (termasuk petugas, direktur, karyawan, agen, dan lainnya) dari setiap biaya kerugian apapun, kehilangan, pengeluaran atau kerusakan yang berasal dari tuntutan atau klaim pihak ketiga yang timbul dari pelanggaran Pengguna terhadap Aturan Penggunaan Platform, dan/atau pelanggaran terhadap hak dari pihak ketiga.
  21. Laporan, Pengaduan dan Kontak
    1. Baik Pengunjung maupun Pengguna berhak untuk mengajukan Laporan dan/atau Pengaduan kepada Penyedia Platform mengenai dugaan dan/atau peristiwa pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, termasuk, namun tidak terbatas pada:
      1. Pengunjung atau Pengguna yang memasukkan data dan informasi yang tidak lengkap, tidak benar, menyesatkan dan/atau merupakan pemalsuan
      2. Pengunjung atau Pengguna yang memasukkan dan mengunggah Konten Yang Dilarang
      3. Calon yang menyalahgunakan Dana yang berasal dari Penggalangan Dana
    2. Apabila Pengunjung maupun Pengguna memiliki Laporan dan/atau Pengaduan kepada Penyedia Platform, Pengunjung atau Pengguna dapat secara langsung menghubungi Penyedia Platform melalui surel pada dukungcalonmu@gmail.com.
    3. Dengan mengajukan Laporan dan Pengaduan, Pengunjung maupun Pengguna menyatakan sepakat dan bersedia untuk dipanggil sebagai saksi untuk dimintakan keterangannya dalam rangka pemeriksaan, termasuk, namun tidak terbatas pada, menghadap ke Penyedia Plartform, instansi terkait, aparat penegak hukum dan/atau pengadilan.
    4. Apabila pengguna terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan, maka Penyedia Platform akan memberikan notifikasi melalui pesan/email kepada pengguna dan mengenakan sanksi berdasarkan kebijakan Penyedia Platform.
  22. Penggunaan Platform yang Dilarang
    1. Pengunjung atau Pengguna dilarang menampilkan, mengirim, mendistribusikan kembali, mengunggah atau mempromosikan komunikasi Konten Yang Dilarang.
    2. Konten Yang Dilarang sebagaimana disebut dalam pasal (1) di atas termasuk, namun tidak terbatas pada:
      1. Konten negatif (pornografi)
      2. Konten perjudian, lotre dan/atau taruhan
      3. Konten dengan materi kebencian
      4. Konten yang memuat gambar grafis yang menimbulkan kengerian
      5. Konten yang melanggar hak kekayaan intelektual
      6. Konten jasa peretasan (hacking dan/atau cracking) dan/atau menyediakan akses tanpa hak atau melawan hukum atas sistem elektronik
      7. Konten penyediaan dan/atau akses terhadap narkoba, zat adiktif, dan psikotropika
      8. Konten dengan materi ketidakjujuran, kecurangan atau menyesatkan orang lain
      9. Konten yang mendukung perdagangan manusia dan/atau organ manusia (human trafficking)
      10. Konten tentang rokok
  23. Penonaktifan, Pemblokiran dan Penghapusan Akun
    1. Pengguna berhak untuk mengajukan permohonan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun yang terdaftar atas namanya pada Platform kepada Penyedia Platform dengan mengirimkan surel kepada dukungcalonmu@gmail.com dengan disertai alasan-alasan pendukung.
    2. Penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dari Pengguna dilakukan dengan memperhatikan kewajiban Penyedia Platform untuk melakukan penyimpanan data pribadi sesuai batas waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku sejak tanggal penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun tersebut.
    3. Penyedia Platform berhak untuk melakukan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dari Pengguna apabila terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
    4. Perseroan berhak untuk mencabut akses Pengguna pada Platform maupun Layanan apabila terjadi pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini
    5. Penyedia Platform berhak untuk mengakhiri layanan dan mengambil langkah-langkah hukum jika Penyedia Platform menganggap Pengguna dalam menggunakan Platform melanggar hukum-hukum yang berlaku, melanggar hak milik intelektual dari pihak terkait atau melakukan suatu pelanggaran yang melanggar hal-hal yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini.
    6. Pengguna tidak diperkenankan menjual, berupaya untuk menjual, memberikan, menyerahkan atau mengalihkan Akun, Identitas Pengguna atau password kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan dan persetujuan tertulis sebelumnya dari Penyedia Platform. Penyedia Platform dapat menangguhkan atau menghentikan Akun Pengguna atau Akun pihak yang menerima pengalihan dari Pengguna yang dijual atau ditawarkan untuk dijual, diberikan, diserahkan atau dialihkan dengan melanggar ketentuan dalam pasal ini. Apabila dengan keterbatasan kemampuan Penyedia Platform dalam mengidentifikasi pelanggaran ini, maka seluruh akibat dan resiko adalah merupakan tanggung jawab Pengguna yang mengalihkan.
    7. Pengguna dengan ini menyatakan akan melepaskan Penyedia Platform dari tuntutan ganti rugi atas setiap klaim atau tuntutan yang dilakukan oleh pihak ketiga akibat adanya pelanggaran Syarat dan Ketentuan serta penggunaan layanan Platform yang tidak semestinya.
    8. Penyedia Platform tidak pernah meminta password Akun Pengguna untuk alasan apapun. Dengan ini Kami menghimbau Pengguna agar tidak memberikan username dan password pada pihak manapun, baik pihak ketiga atau pihak yang mengatasnamakan DukungCalonmu.
  24. Hukum yang Berlaku dan Yurisdiksi
    1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2. Dalam hal terdapat Sengketa yang timbul dari atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan akan terlebih dahulu diselesaikan secara musyawarah mufakat oleh Pengunjung, Pengguna dan/atau Penyedia Platform.
    3. Sengketa yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat, akan diselesaikan dan diputus melalui BANI. Sekalipun adanya Sengketa, Pengunjung, Pengguna dan/atau Penyedia Platform harus tetap memenuhi kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa mengurangi keberlakuan putusan final arbitrase.
    4. Putusan yang diberikan oleh arbiter di atas adalah final dan mengikat kepada para pihak, dan akan diberlakukan di pengadilan mana pun yang memiliki kompetensi dalam yurisdiksi terkait.
    5. Para pihak menyetujui bahwa tidak ada dari para pihak yang akan diperbolehkan untuk memulai atau mempertahankan perkara apa pun di pengadilan hukum mana pun sehubungan dengan Sengketa apa pun, kecuali untuk eksekusi putusan arbitrase yang diberikan sesuai dengan proses hukum yang dimulai sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
    6. Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik akan terjerat ketentuan pidana yang tertulis pada Pasal 28 Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)
  25. Keadaan Memaksa (Forje Majeure)

    Baik Pengunjung maupun Pengguna memahami dan mengerti bahwa Platform dapat berhenti beroperasi dikarenakan adanya keadaan memaksa yang berupa kejadian diluar kemampuan manusia dan/atau tidak dapat dihindarkan seperti adanya peperangan, kerusuhan, kebakaran, bencana alam, permogokan dan bencana lainnya yang dinyatakan oleh instansi berwenang.

  26. Pengesampingan

    Para pihak secara bersama-sama menyetujui untuk mengesampingkan keberlakuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sebatas bahwa keputusan pengadilan diperlukan untuk pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

  27. Perubahan pada Ketentuan

    Penyedia Platform berhak atas kebijakan untuk mengubah, memodifikasi, memperbarui sebagian atau keseluruhan Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu dengan menampilkan versi yang terbaru ke Platform. Apabila hal tersebut terjadi, maka Penyedia Platform akan mencoba memberikan pemberitahuan kepada Pengunjung atau Pengguna melalui email, sosial media Penyedia Platform, maupun melalui situs ini secara langsung.

Dengan menggunakan Situs ini, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, sepakat dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini.